A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

 Analisa Pasca Race MotoGP Argentina 2018 opini Marc Marquez harusnya berfikir Lebih panjang ke depan - motorbdg.com

Hello our valued visitor, We present you the best web solutions and high quality graphic designs with a lot of features. just login to your account and enjoy ...

Berita Otomotif

Analisa Pasca Race MotoGP Argentina 2018 . . . [ opini ] Marc Marquez harusnya berfikir Lebih panjang ke depan !

TMCBLOG.com – Bro sekalian, entah kenapa MotoGP Argentina lebih sering diwarnai Drama dari tahun ketahun. . . dan drama yang terjadi di gelaran tahun ini sudah di awali bahkan sebelum lampu start dipadamkan ( race dimulai ) Yakni dengan disepakatinya pola Quick start yang berbeda . . . Bila mengacu pada buku kuning Pedoman dan regulasi MotoGP, Jika ada penggantian Motor maka pembalap akan start dari PitLane . . namun Kali ini ada 21 pembalap yang start dari pitlane yang menimbukan kekhawatiran Dorna akan alasan safety saat 21 Pembalap berada dalam satu line sempit di mulut Pit lane sehingga dilakukan pola starting grid dengan mundur 5 Row kebelakang Kecuali Jack Miller. . . . Pro Kontra pun hadir, Pembalap WSBK Jonathan Rea sempat melayangkan kicauan di akun Twitternya bahwa keputusan ini tidak Fair Buat Miller, Namun akhirnnya race pun tetap di mulai dan seperti yang sobat bisa baca time line per lap di artikel sebelumnya, Pedrosa melakukan start yang cepat di mana hampir semua pembalap menggunakan kompon karet medium-medium slick.

Analisa


Pack terdepan yang ‘ anti mainstream ‘


Pasca jatuhnya Pedrosa di Lap pertama dan harus menjalani penalty masuk Pitlane Marquez, Praktis Pack terdepan hanya dikuasai oleh 4 pembalap yang notabenannya bukan pembalap Mainstream . . . Crutchlow, Miller, Rins dan Zarco . . bahkan hanya satu pembalap dari team factory disana yakni Alex Rins . .. Jika dilihat dari Grafik di atas, Laptime jack Miller sepertinya yang paling labil di antara ke-4 pembalap yang berada di posisi Top 4 ini
Analisa
Setelah jack Miller melakukan kesalahan di lap 18-19 . . Praktis Front row saat itu hanya akan memungkinkan antara Crutchlow, Zarco dan Rins yang akan mengisi Posisi podium . . . dan Jika sobat lihat Grafik di atas, Untuk Alex Rins walaupun terlihat bagaimana konstantnya ia membawa Suzuki GSX-RR di setengah Lomba, namun di setengah lomba kedua laptimenya agak fluktuatif bila dibandingkan Zarco dan Crutchlow.

Analisa


Bagaimana Zarco VS Crutchlow ? . . . dari Grafik terlihat sebenarnya di sekitar 4 lap terakhir ada upaya Push dari Zarco untuk bisa mencuri Podium 1 dari Crutchlow . . Namun berbekal hasil Free PRactice yang lumayan positif saat berlangsung di Track kering serta pengalaman paling senior di pack terdepan sepertinya membawa mentalitas Crutchlow lebih percaya diri dan mempercayai Honda RC213V 2018nya seraya menutup celah celah overtake yang mungkin bisa diambil Zarco dengan Yamaha M1 2017. . sampai akhirnnya pembala Inggris ini bisa finish 0,251 detik di depan Zarco dan berhak mengumandangkan “God Save the Queen” di Termas De Rio Hondo

Analisa
Lagi . . . Yamaha Factory VS Satelit

Yamaha M1 satelit yang dibesut Johann Zarco VS Yamaha M1 Factory yang dibesut Vinales dan Rossi. Jika dilihat dari data diatas, terlepas data impuls Valentino Rossi di lap 20 akibat #TermasClash terlhat bahwa Johann Zarco memang Unggul di awal awal race . . . laptime Zarco jauh lebih kompetitif dari Vinales dan Rossi yang memang semenjak hari pertama di termas ini merasakan Struggle. Namun begitu, seperti juga di race Qatar, entah kenapa pace Maverick Vianles berlahan lahan membaik di setengah race kedua ??
Mentalitas, Pebuktian Marc Marquez .. namun ia kudu ingat, Safety First !

Kita Bisa ingat bahwa Marc Marquez mengalami Mati mesin saat menuju grid start, ia mencoba mendorong motornya di starting grid dan memang berhasil walaupun harus dua kali dorong dan sampai harus sempat membalikkan arah Honda RC213V. Point berbalik arahnya inilah yang membuat Marc harus kena penalti masuk Pitlane walaupun ia sempat bertanya kepada marshal di Grad start apakah ia harus ke pitlane atau tetap di Grid, Namun race keburu mepet untuk dimulai . . saat membaca pesan Ride Through penalty di Dashboard sepertinya Marc Marquez agak kaget dan tidak menyangka sehingga terlihat konsentrasinya agak ambyar di lap ke 6 . . whooble, out wide dikit . . namun akhirnnya ia masuk pitlane dan keluar dengan posisi merosot dari awalnya memimpin sampai harus berada di posisi 19.

Keluar dari Pitlane, sepertinya entah mentalitas atau ambisi Marquez terpacu . . . entah apa Yang sedang dipikirkannya, beberapa kali Juara dunia 2017 ini melakukan aksi overtake di tikungan dengan jarak yang sangat tipis dan lumayan banyak korban Overtake Marquez ini .. tercatat Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami, Morbidelli, sampai akhirnnya korban terakhir Valentio Rossi yang sampai Yamaha M1nya kepleset dan jatuh di rumput Termas de Rio Hondo. Tagar #TermasClash pun menjadi hangat mengacu pada aksi Marquez ke Rossi ini . .

Analisa


Menurut tmcblog sepertinya Marc Marquez sedikt lupa bahwa ada hal paling penting dalam race yang harus ia bawa dan berhubungan dengan dirinya, dan team yakni bisa finish dengan baik . .. mengenai Potensi, Marc Marquez dan Honda RC213V sebenarnya boleh dibilang sangat positif di Seri termas De Rio Hondo ini dan Boleh dibilang Honda RC213V MY2018 yang dibesut 3 pembalapnya ( terlebih Marc Marquez ) termasuk yang paling dominan di Track kering race weekend #ArgentinaGP 2018 Kali ini.  . . . silahkan lihat saja perbandingan Laptime Marc Marquez VS Top 3 . . . tetap saja sebenarnya Marc Marquez Superior semalam !
Analisa
Cal Crutchlow membawa hasil positif ini ke mentalitas terbaiknya dimana ia merasa sangat percaya diri di race ini . . walaupun mungkin kalah straight dengan Desmosedici Jack Miller ataupun kalah long corner dengan yamaha M1 Zarco, Crutchlow tetap PD dan 100% percaya dengan RC213V yang ditungganginya . . hasil positif pun menjadi reward bagi mentalitas positif ini.

Sedangkan menurut TMCBLOG, Marc Marques di Termas sepertinya lupa akan potensi RC213V di Termas ini yang jika dikombinasikan dengan karakter riding dirinya yang secara umum lebih agresif dari crutchlow akan menghasilkan sesutu yang lumayan mengerikan dalam kacamata pace. Kalo soal Percaya sama performa RC213V sih tetap, namun terlihat menurut tmcblog ada letupan emosional yang sedikit mengalahkan mentalitas positif Marquez yang sudah terbangun dari hari Jumat. Yap memang sih letupan emosional ini bisa jadi adalah buah psikologis akibat Drama yang terjadi semenjak race dimulai.

Analisa


Jika Kita lihat data di atas . . . secara umum Pasca Marc Masuk Pitlane dan terperosok ke posisi 19 untuk seterusnya berusaha merangsek sedikit demi sedikit ke posisi di atasnya .. terlihat memang Laptimenya ngeri dan merefleksikan seperti apa Pace Marquez ( dan Honda lainnya ) di sepanjang race weekend saat termas De rio Hondo kering ..

Secara umum Laptime Honda RC213V yang dibesut Marquez lebih cepat dari Dua yamaha M1 yang dibesut Vinales dan Rossi . . . memang sih di Dashboard Marquez nggak ada info bahwa pace/ laptimenya lebih cepat dari Maverick maupun Rossi ataupun pembalap lainnya .. namun jika Kita semua berfikir betapa Marquez bisa memotong jarak 1 detik hanya dengan satu-dua lap saja artinya memang laptime ia sudah sangat di atas rata rata Laptime pembalap lainnya. Dan Secara umum TMCBLOG percaya sepertinya Marc pun secara kasar bisa punya ancer ancer seperti itu . . .

Mengenai aksi tersebut Valentino Rossi akhirnnya mengeluarkan pendapatnya saat media debrief . Menurut Rossi apa yang dilakukan Marquez ” destroy The sport “ dan Selain mengatakan bahwa ada sinyalemen bahwa ia sengaja melakukan terhadap dirinya agar jatuh Rossi pun kembali mengeluarkan banyak catatan catatannya terhadap kelakukan Marquez yang ternyata selama ini dicatatnya seperti apa Agresifitas yang dilakukan Marquez di Qatar2018 terhadap Zarco lalu Di Race Argentina 2018 sampai akhirnnya Rossi menyebutkan ada sekitar 15 Seri kebelakang marquez melakukan Hal ini yang menurutnya membahayakan dan ada sinyalemen bahwa secara umum menueut rossi Marquez kurang Respec terhadap Lawan.

Mengenai Opini Rossi Di atas, Marquez langsung menjawab juga di media Debrief yang pada dasarnya ia tidak perduli tentang apa Yang dikatakan rossi tersebut ia hanya mau fokus terhadap apa yang dilakukannya, dan ia akan selalu 100% menyerang saat di Track . . mengenai opini Rossi bahwa Marquez sengaja melakukan terhdap Rossi, Marquez jelas jelas menolak opini Rossi tersebut. Marquez mengatakan bahwa ia tidak pernah berniat melakukan hal hal seperti itu . .. dalam kejadian seperti itu menurut Marquez kadang posisi sangat dekat dan kadang cukup space untuk melakukan clean Overtake

Yap soal Marquez – Rossi di atas tmcblog nggak mau berada dalam posisi menanggapi keduanya . .  namun balik lagi seharusnya dengan ancer ancer kasar yang tmcblog tambahkan data Pace di atas Jika Marc Marquez memikirkan lebih panjang kedepan, Maka sebenarnya menurut tmcblog melewati Rossi hanya perkara waktu dan tempat saja karena secara kalkulasi matematis Pace Marc saat itu sudah lebih cepat dari Rossi . . tinggal cari tempat paling safe, paling luas . . namun sepertinya ada yang lebih menguasai pemikiran Logis Marquez .. entah seperti apa, sehingga akhirnnya #TermasClash pun terjadi yang memang menurut tmcblog murni kesalahan pemaksaan diri Marc Marquez dalam melakukan Overtake. Terlihat memaksakan diri dan marquez pun secara terang terangan mengakui bahwa ia melakukan beberapa kesalahan

Marc Marquez sepertinya harus mereset kembali mentalitas dirinya bahwa ada hal yang lebih penting lagi dibanding apa yang ia lakukan selama mungkin 20-19 lap di Race Termas kemarin yakni menurut tmcblog adalah Point Championship, Point Team, Point Manufaktur dan kekondusifitasan championship . . Secara umum tmcblog paling nggak demen suasana kayak gini yang punya potensi mirip seperti 2015 dan mengajak kita semua pecinta MotoGP jangan ikut berpanas panasan apa lagi sampai debat kusir atau bahkan goreng menggoreng yang bisa mengalahkan banyak hal yang lebih penting seperti contohnya  silaturahmi .. . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •